Iklan Display

Keutamaan Surat Al Kahfi

Amalan Hari Jumat

Hari jumat merupakan hari yang sangat religius bagi umat muslim dan mendirikan shalat jumat hukumnya wajib bagi setiap laki-laki muslim. Ada banyak amalan yang dikerjakan para sahabat, tabi'in dan ulama dihari jumat dalam mengikuti ajaran Rasulullah saw. Mulai bershalawat kepada Rasulullah, bersedekah, berdoa duduk diantara dua khotbah, memotong kuku dan masih banyak lagi. Amalan dihari jumat salah satunya adalah membaca quran surat al kahfi.

keutamaan membaca surat al kahfi di hari jumat

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Membaca surat al kahfi dari para ulama sangat ditekankan kepada setiap muslim agar kita senantiasa mendapatkan berkah dari membaca setiap hurufnya dan membuka pintu-pintu rahmat Allah. Selain itu keutamaan yang diingikan setiap muslim adalah dihapusnya segala dosa-dosa yang telah diperbuat. Karena setiap insan manusia tidak bisa terlepas dari perbuatan dosa, dosa kecil maupun dosa besar, dosa sengaja maupun tidak sengaja.

Dijauhkan Dari Fitnah Dajjal

Keutamaan membaca surat al kahfi dan menghafal ayat 1 sampai 10 surat al kahfi menjauhkan seorang muslim dari fitnah dajjal, keutamaan ini diriwayatkan oleh Hadist Riwayat Muslim dan Hadist Riwayat Abu Darda'. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah)."

Baca Juga: Keutamaan Bershalawat di Hari Jumat

Disinari Cahaya Sampai ke Makkah

Dalam riwayat hadist yang lainnya keutamaan membaca surat al kahfi bagi yang mengamalkannya setiap jumat akan disinari cahaya di hari kiamat yang panjangnya dimana dia berada sampai dengan makkah.

من قرأ سورة الكهف كما أنزلت، كانت له نوراً يوم القيامة من مقامه إلى مكة، ومن قرأ عشر آياتٍ من آخرها ثم خرج الدجال لم يسلط عليه

"Siapa yang membaca surat Al Kahfi seperti saat ia diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya di hari kiamat yang panjangnya dari tempat ia berada sampai ke Makkah. Siapa yang membaca sepuluh ayat akhir dari surat Al Kahfi, kemudian Dajjal muncul, maka ia tidak akan mampu menguasainya." (HR. Al Hakim)

Penjelasan hadist diatas "seperti saat ia diturunkan" ini ditafsirkan membaca surat al kahfi secara utuh. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dalam hadist Sahl bin Mu’adz bin Anas, dari ayahnya –radhiyallahu’anhun:

ومن قرأها كلها كانت له نور ما بين السماء والارض

"Siapa yang membaca surat Al Kahfi secara keseluruhan, maka ia akan mendapatkan cahaya antara langit dan bumi." (HR. Ahmad)

Baca Juga: Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari

Dalan riwayat hadist-hadist lain tentang keutamaan membaca surat al kahfi di hari jumat tidak menunjukkan bahwa harus membacanya sekali langsung selesai. Akan tetapi bisa membacanya dengan mencicil dengan catatan masih selama pada hari jumat. Surat al kahfi terdiri dari 110 ayat dimana kita bisa mencicil membacanya dengan membaginya menjadi 5 waktu, sesudah shalat shubuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya. Kalo memang kita memiliki waktu bisa kita langsung membaca surat al kahfi sampai selesai 110 ayat.

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan Surat Al Kahfi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel