Iklan Display

Shalat Istikharah Mohon Petunjuk

Shalat Istikharah

Pengertian shalat istikharah shalat sunnah dua rakaat yang dikerjakan dengan tidak terpaut waktu atau bisa dikerjakan kapan saja dengan tujuan meminta pertolongan atau petunjuk kepada Allah untuk diberikan yang terbaik dari dua atau lebih pilihan yang dihadapkan. Shalat istikharah ini bertujuan untuk menentukan salah satu pilihan yang terbaik untuk dirinya dengan tidak ada keraguaan dan segera mendapat petunjuk Allah.

Shalat istikharah mohon petunjuk dikerjakan dua rakaat salam, waktu sholat istikharah dianjurkan malam hari, tata cara sholat istikharah sesuai Rasul.


Dalil shalat istikharah ini didasarkan pada riwayat hadist Al-Bukhari dari sahabat Jabir bin Abdillah,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari al-Qur’an. Beliau berkata: “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua rakaat yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah”. (HR. Al-Bukhari)

Waktu Sholat Istikharah

Pelaksanaan waktu sholat istikharah tidak ada waktu yang dipastikan atau dengan kata lain bisa dilaksanakan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan/keinginan. Bisa dikerjakan pada pagi hari, petang atau malam hari. Akan tetapi para ulama menganjurkan waktu yang terbaik untuk melaksanakan shalat istikharah.

Waktu shalat istikharah mohon petunjuk yang dianjurkan adalah pada waktu malam hari sebelum mengerjakan shalat tahajud atau setelah mengerjakan shalat fardhu isya. Alasang mengapa shalat istikharah dianjurkan untuk dikerjakan pada malam hari, para ulama berpendapat berdasarkan hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari No. 1145 dan Muslim No. 1808)

Tata Cara Sholat Istikharah

Shalat istikharah dikerjakan dua rakaat salam seperti shalat sunnah yang lain akan tetapi niat shalat istikharah jelas berbeda, karena setiap shalat sunnah itu memiliki niat yang berbeda. Berikut tata cara sholat istikharah:

Membaca niat sholat istikharah

Niat sholat istikharah arab: أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
Niat sholat istikharah latin: Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa
Artinya: “Aku berniat melaksanakan shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”.
  1. Niat sholat istikharah
  2. Takbiratul ihram "Allahu'akbar"
  3. Di sunnahkan membaca doa iftitah setelah takbir, jika tidak hafal juga tidak menjadi masalah
  4. Membaca surat al fatihah, kemudian dilanjutkan membaca surat al kafirun atau membaca surat pendek lainnya
  5. Takbir, kemudian ruku'
  6. Takbir, i'tidal (berdiri sejenak)
  7. Takbir, kemudian sujud
  8. Takbir, duduk di antar dua sujud
  9. Takbir, sujud lagi
  10. Kemudian Takbir untuk melakukan rakaat kedua dengan membaca surat al fatihah kemudian membaca surat al ikhlas atau surat pendek lainnya
  11. Takbir, kemudian ruku'
  12. Takbir, i'tidal (berdiri sejenak)
  13. Takbir, kemudian sujud
  14. Takbir, duduk di antar dua sujud
  15. Takbir, sujud lagi
  16. Takbir, duduk untuk tahiyat akhir
  17. Salam
Setelah salam disunnahkan untuk membaca istighfar dan dzikir lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengingat Allah. Perlu kita ketahui mengapa shalat istikharah menjadi bagian shalat sunnah yang jangan ditinggalkan apabila kita ragu dengan sebuah dua atau lebih pilihan yang dihadapkan kepada kita. Dalam al qur'an surat al baqarah ayat 153 Allah berfirman,

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ – البقرة 

“Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. al-Baqarah: 153)

Doa Setelah Sholat Istikharah

Berdoa setelah melaksanakan shalat istikharah adalah tujuan kita kepada Allah untuk memberikan petunjuk jalan atau pilihan yang terbaik untuk dunia akhirat. Berikut doa setelah sholat istikharah dari hadist Al Bukhari:

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah Arab:

ااَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ،
فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ،
 
اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَاذَا اْلأَمْرَ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ، وَمَعَاشِيْ، وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاقْدُرْهُ لِيْ، وَيَسِّرْهُ لِيْ، ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ،
 
وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَاذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ، وَمَعَاشِيْ، وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ، وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ، ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah Latin:

Allaahumma innii asta-khiiruka bi'ilmika, wa astaqdiruka biqudrotika, wa as-aluka min fadh-likal 'azhiim, fa-innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta'lamu wa laa a'lamu, wa anta 'allaamul ghuyuub.
 
Allaahumma in kunta ta'lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii, wa ma'aasyii, wa 'aaqibati amrii, faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi, 
 
Wa in kunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii, wa ma'aasyii, wa 'aaqibati amrii, fash-rif-hu 'annii, wash-rifnii 'anhu, waqdur liyal khoiro haitsu kaana, tsumma ardhinii bih.
 

Arti Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah:

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu, dan aku mohon anugerah-Mu Yang Maha Agung.
 
Sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui sedang aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui hal yang gaib.
 
Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untuk agama, kehidupan dan akhir urusanku, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkan ia untukku, kemudian berkahilah ia untukku.
 
Tapi jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk agama, kehidupan dan akhir urusanku, maka jauhkan ia dariku, dan jauhkan aku darinya.
 
Takdirkanlah yang terbaik untukku di mana pun itu, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya" (HR. Al-Bukhari 7/162)

Setelah membaca doa setelah sholat istikharah bisa langsung mengutarakan atau bahasa gaulnya adalah curhat kepada Allah tentang permasalah yang sedang dihadapi. Akan tetapi jika tidak hafal doa setelah sholat istikharah bisa langsung berdoa kepada Allah. Akan tetapi tetap memperhatikan adab berdoa, salah satunya adalah memuji kebesaran Allah dengan nama-nama asmahul husna kemudian bershalawat kepada Rasulullah.

Belum ada Komentar untuk "Shalat Istikharah Mohon Petunjuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel