Iklan Display

Menyambut Tahun Baru Islam

Tahun Baru Islam

Bulan Muharram bagi umat Islam dipahami sebagai bulan Hijrahnya Rasulullah saw dari Makkah ke Madinah, yang sebelumnya "Yastrib". Sebenarnya kejadian hijrahnya Rasulullah tersebut terjadi pada malam tanggal 27 Shafar dan sampai di Yastrib (Madinah) pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal. Adapun pemahaman bulan Muharram sebagai bulan Hijrah Nabi, karena bulan Muharram adalah bulan yang pertama dalam kalender Qamariyah yang oleh Umar bin Khattab, yang ketika itu beliau sebagai khalifah kedua sesudah Abu Bakar, dijadikan titik awal mula kalender bagi umat Islam dengan diberi nama Tahun Hijriah.

Bulan Muharram bagi umat Islam dipahami sebagai bulan Hijrahnya Rasulullah saw dari Makkah ke Madinah, yang sebelumnya "Yastrib"

Muhasabah Diri Dalam Menyambut Tahun Baru Islam

Islam memaknai bahwa pergantian tahun itu seyogyanya dijadikan kesempatan untuk selalu intropeksi diri atau yang dikenak dengan istilah muhasabah diri. Dengan melakukan muhasabah, kita akan lebih dekat dengan Allah Ta'ala sebagai Sang Pencipta alam semesta yang sangat indah ini.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ
إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hasyr: 18)

Ayat di atas memberikan pelajaran kepada kita smeua akan pentingnya mengingat amal perbuatan yang telah kita lakukan di masa sebelumnya. Mengingat setiap manusia harus berpacu seiring dengan perjalan waktu dan terkait dengan perpindahan ruang dari ruang di dunia hingga ruang di akhirat.

Dengan muhasabatun nafsi, kita mampu menutupi kelemahan masa lalu dan meningkatkan kualitas diri pada hari ini dan masa yang akan datang. Dengan muhasabtun nafsi, hidup kita akan berkembang terus menuju ke arah yang benar dan lurus.

Bagaimana Cara Melakukan Muhasabah Diri

Banyak cara dalam melakukan muhasabah diri dalam menyambut tahun baru islam dan tentunya setiap individu berbeda cara melakukannya. Dalam artikel ini kami mencoba memberikan gambaran dalam melakukan muhasabah diri yang berkaitan dengan syariat atau paling tidak sesuai dengan kaidah-kaidah dalam ajaran islam.

Pertama

Mengoreksi diri dalam hal wajib, apakah punya kekurangan ataukah tidak. Karena melaksanakan kewajiban itu hal pokok dalam agama ini dibandingkan dengan meninggalkan yang haram.

Kedua

Mengoreksi diri dalam hal yang haram, apakah masih dilakukan ataukah tidak. Contoh, jika masih berinterkasi dengan riba, maka ia berusaha berlepas diri darinya. Jika memang pernah mengambil hak orang lain, maka dikembalikan. Kalau pernah mengghibah orang lain, maka meminta maaf dan mendoakan orang tersebut dengan doa yang baik.

Dalam perkara lainnya yang tidak mungkin ada koreksi (melainkan harus ditinggalkan, seperti ,minum minuman keras dan memandang wanita yang bukan mahram), maka diperintahkan untuk bertaubat, menyesal dan bertekad tidak mau mengulangi dosa itu lagi, ditambah dengan memperbanyak amalan kebaikan yang dapat menghapus kejelakan. Hal ini sebagaimana yang telah dilukiskan oleh Allah Ta'ala dalam Qur'an surat Hud ayat 114,

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ
ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

"Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat."

Ketiga

Mengoreksi diri atas kelalaian yang telah dilakukan. Contoh, sibuk dengan permainan dan menonton yang sia-sia.

Keempat

Mengoreksi diri dengan apa yang dilakukan oleh anggota badan, apa yang telah dilakukan oleh kaki, tangan, pendengaran, penglihatan dan lisan. Cara mengoreksinya adalah dengan menyibukkan anggota badan tadi dalam melakukan ketaatan.

Kelima

Mengoreksi diri dalam niat, yaotu bagaimana niat kita dalam beramal, apakah lillah ataukah lighairillah (niat ikhlas karena Allah ataukah tidak). Karena niat itu biasa berubah, terombang-ambing. Karenanya hati itu disebut qalb, karena seringnya terombang-ambing.

Sumber: Risalah Jum'at Edisi 1/XXVIII 4 Muharram 1440 H

Belum ada Komentar untuk "Menyambut Tahun Baru Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel