Surga Hanya Untuk Kaum Bertaqwa

Allah Menjamin Surga Bagi Orang Yang Bertaqwa

Al Qur’an dalam ayat-ayat suci-Nya menjelaskan secara detail bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala membagi manusia menjadi dua golongan besar yaitu manusia ahli surga dan manusia ahli neraka.

Al Qur’an dalam ayat-ayat suci-Nya menjelaskan secara detail bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala membagi manusia menjadi dua golongan besar yaitu manusia ahli surga dan manusia ahli neraka.

Manusia ahli surga yang dimaksudkan tidak lain adalah kaum manusia yang bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an,

وَسُيِّرَتِ الْجِبَالُ فَكَانَتْ سَرَابًا "dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia." (QS. An-Naba: 78)

Menurut ayat suci Al Qur’an di atas kaum bertaqwa inilah yang bakal mendapatkan mafaz[an]. Kata al-mafaz dalam ayat ini merupakan bentuk al-mashdar al-mimiy yang berarti al-faws (kewenangan dan keberhasilan) (Al-Alusi, Ruh al-Ma’ani, 15/218). Kata ini juga sekaligus merupakan ism al-makan (keterangan tempat) sehingga maknanya makan faws wa najah (tempat kemenangan dan keberhasilan). Itulah surga (Al-Jazairi, Aysar at-Tafasir, hlm. 5/505).

Dua makan tersebut tidak berjauhan. Kaum yang bertaqwa itu mendapatkan kemenangan. Kemenangan itu tak lain adalah surga. Kemenangan mereka juga berbentuk keselamatan mereka dari azab neraka (Ath-Thabari, Jami al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an, 24/170).

Ayat tersebut lalu merinci kemenangan yang didapatkan oleh kaum yang bertaqwa,

إِنَّ لِلْمُتَّقِينَ مَفَازًا حَدَائِقَ وَأَعْنَابًا وَكَوَاعِبَ أَتْرَابًا وَكَأْسًا دِهَاقًا لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا كِذَّابًا

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta. (QS. An-Naba: 31-35)

Firman Allah Dalam Quran Untuk Orang Bertaqwa


Kemudian Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

رَبِّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا الرَّحْمَٰنِ ۖ لَا يَمْلِكُونَ مِنْهُ خِطَابًا

"Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya; Yang Maha Pemurah. Mereka tidak dapat berbicara dengan Dia." (QS. An-Naba: 36)

Maknanya, Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas amal mereka yang sedikit dengan kebaikan yang melimpah dan tidak ada putusnya (Ath-Thabari, Jami al-Bayan fi Ta’wil al Qur’an, 24/174).

Berdasarkan ayat ini ahli surga adalah kaum yang bertaqwa, berikut beberapa firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al Qur’an sebagai berikut:

أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

"Allah telah menyediakan bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar." (QS. At-Taubah: 89)

تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ ۚ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا
الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

"(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar." (QS. An-Nisa: 13)

قَالَ اللَّهُ هَٰذَا يَوْمُ يَنْفَعُ الصَّادِقِينَ صِدْقُهُمْ ۚ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا
الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

"Allah berfirman: "Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah ridha terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar"." (QS. Al-Maidah: 119)

Baca Juga "Neraka Untuk Kaum Pendosa"

Sumber: Buletin Dakwah Kaffah Edisi 47, 29 Syawal 1949 H

Belum ada Komentar untuk "Surga Hanya Untuk Kaum Bertaqwa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel