Iklan Display

Rasa Takut Dalam Ilmu Tauhid

Tauhid Tentang Rasa Takut

Khauf atau rasa takut didalam ilmu fiqih ada keterkaitan dengan hak Allah. Tujuan utama manusia diciptakan dan tugas utama manusia di muka bumi ini adalah menunaikan hak Allah atau mengikuti perintah Allah. Dalam QS. Ar-Rahman: 46-48, khauf atau rasa takut kepada Allah. Allah berfirman:

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ ﴿٤٦﴾ فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ ﴿٤٧﴾ ذَوَاتَا أَفْنَانٍ

“Orang yang takut pada Allah akan mendapatkan dua surga. Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan? Kedua syurga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan” (QS. Ar-Rahman: 46-48)

Tujuan utama manusia diciptakan dan tugas utama manusia di muka bumi ini adalah menunaikan hak Allah atau mengikuti pertintah Allah

Dalam Al Qur'an Allah juga berfirman:

فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا

“Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit.” (QS. Al-Maidah: 44)

Godaan Iblis dan Setan Kepada Manusia


Iblis dan setan senantiasa akan selalu menakuti dan menghalangi para manusia agar menjauh dari tauhid dan tidak mengerjakan hak Allah. Allah berfirman:

إِنَّمَا ذَٰلِكُمُ الشَّيْطَانُ يُخَوِّفُ أَوْلِيَاءَهُ فَلَا تَخَافُوهُمْ وَخَافُونِ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ

“Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS. Al-Imran: 175)

Belum ada Komentar untuk "Rasa Takut Dalam Ilmu Tauhid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel