Basmalah Dapat Mengundang Berkah dan Mengusir Setan

Abu Tamimah Al-Haijami meriwayatkan dari orang yang pernah berkendaraan di belakang Rasulullah, dia berkata, “Saya berada di belakang beliau naik keledai, tiba-tiba keledai yang saya naiki tergelincir, maka saya berkata, ‘Setan kepara.’ Maka Rasulullah bersabda kepada saya, “Jangan kamu berkata, ‘Setan keparat.’ Karena kalau kamu mengatakannnya, dia akan merasa bangga terhadap dirinya, dan dia akan berkata, ‘Saya telah menjerumuskannya dengan kekuatan saya.’ Dan jika kamu mengatakan, ‘Bismillah (dengan nama Allah).’ Dia akan merasa terhina dan mengecil hingga dia lebih kecil daripada lalat.” (HR. Ahmad dengan isnad jayyid, ‘At-Targhib wat Tarhib’: 5/276)

Dari Umayyah bin Makhsyi dia berkata, “Ketika Rasulullah sedang duduk, ada seorang lelaki yang makan. Dia tidak membaca basmalah, hingga makanan yang tersisa hanyalah satu suap saja. Ketika dia mau menelannya, dia mengucapkan, ‘Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.’ Maka Nabi Muhammad tertawa, lalu bersabda,’Sebelum dia mengucapkan basmalah tadi, setan ikut makan bersamanya. Ketika dia menyebut nama Allah, dia muntah di dalam perutnya’.” (HR. Abu Dawud: 3/347. Al-Albani berkata: dha’if dalam ‘Takhrijul Kalimith Thayyib’, 134)

Dari Aisyah bahwa Nabi Muhammad bersabda, Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaknya dia menyebut nama Allah pada awalnya. Apabila dia lupa menyebut nama Allah pada awalnya, maka hendaknya dia mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوِّلِهِ وَ آخِرِهِ

“Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya” (HR. Tirmidzi: 3/190, dia berkata: hasan shahih)

Dari Aisyah juga, dia berkata, “Rasulullah pernah makan bersama enam orang sahabat beliau. Tiba-tiba seorang Arab (badui) datang, dia pun ikut makan dua kali suap. Maka Rasulullah bersabda, ‘Kalau dia menyebut nama Allah, niscaya kalian akan merasa cukup’.” Ibid

Apabila seorang muslim meletakkan atau mengangkat sesuatu, duduk atau berdiri, atau melakukan apa saja, hendaknya menyebutkan nama Allah. Sebab, basmalah dapat mengundang berkah dan mengusir setan.