Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan keutamaan berwudhu atau bersuci sebelum tidur. Orang yang berwudhu sebelum tidur, akan didoakan malaikat.

Dari Abdullah bin Abbas bahwa Rasulullah bersabda, “Bersihkanlah tubuh kalian, niscaya Allah akan membersihkan kalian. Karena tidaklah seorang hamba bermalam dalam keadaan suci, melainkan malaikat ikut bermalam dengannya pada pakaiannya. Dan tidaklah dia berbalik pada malam itu, melainkan malaikat berkata, ‘Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, karena dia bermalam dalam keadaan suci’.” (Isnadnya jayyid, ‘At-Targhib wat Tarhib: 2/13)

Dari Abu Umamah dia berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Barangsiapa yang berbaring di atas kasurnya dalam keadaan suci dan dia senantiasa berdzikir kepada Allah hingga rasa kantuk menyeranganya. Dan dia tidak berbalik pada malam itu memohon kebaikan dunia dan akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya’.” (HR. Tirmidzi: 5/207, dia berkata: hasan)

Dari Al-Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan manfaat berwudhu atau bersuci sebelum tidur,

وَلَهُ فَوَائِد : مِنْهَا أَنْ يَبِيت عَلَى طَهَارَة لِئَلَّا يَبْغَتهُ الْمَوْت فَيَكُون عَلَى هَيْئَة كَامِلَة , وَيُؤْخَذ مِنْهُ النَّدْب إِلَى الِاسْتِعْدَاد لِلْمَوْتِ بِطَهَارَةِ الْقَلْب لِأَنَّهُ أَوْلَى مِنْ طَهَارَة الْبَدَن .. ، وَيَتَأَكَّد ذَلِكَ فِي حَقّ الْمُحْدِث وَلَا سِيَّمَا الْجُنُب وَهُوَ أَنْشَط لِلْعَوْدِ , وَقَدْ يَكُون مُنَشِّطًا لِلْغُسْلِ ، فَيَبِيت عَلَى طَهَارَة كَامِلَة . وَمِنْهَا أَنْ يَكُون أَصْدَق لِرُؤْيَاهُ وَأَبْعَد مِنْ تَلَعُّب الشَّيْطَان بِهِ

Ada banyak manfaat dari berwudhu sebelum tidur, diantaranya, orang itu tidur dalam kondisi suci, agar ketika kematian menjemputnya, dia berada dalam keadaan sempurna. Dari hadis ini juga terdapat pelajaran agar kita selalu menyiapkan diri menghadapi kematian, dengan menyucikan hati. Karena kesucian hati lebih diutamakan dari pada kesucian badan…, lebih ditekankan lagi untuk orang yang sedang berhadas, terutama orang junub, agar bisa kemabli segar atau memicu untuk mandi. Sehingga dia bisa tidur suci dari semua hadats. Kemudian, diantara manfaat wudhu ini, untuk mengundang mimpi yang baik, dan dijauhkan dari permainan setan ketika tidur. (Fathul Bari, 11/110)

Malaikat yang diutus oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala memohon ampunan kepada-Nya setiap ia membalikkan badannya pada malam hari dan ketika ia bangun dari tidurnya.